![Ninja 250R 2010 lime green[6]](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_sUxyJ-MhZYNhBlaq84lzL9h7O1JAeN_rCxJ7g8bZz5hUryBK2r1FK5rgoPNesi4gxTXa1ckFUCWtEBi9zz3ot7wZFgCmghUHTXX9eHieU8QmURqSd5Ykx6ZINHsEvq1jaiExU8Ho0rpgvQpcDfmTV1Zz5nXjhQixcxinVwafs9=s0-d)
Tiba2 -BackStagE- keinget sama si Ninja250 yang ditinggal di Bandung nih. Inget waktu pas beberapa waktu lalu pulang ke Bandung dan ngandangin si Ninja ini lantas test-ride dan nyoba bawa ke Subang. Impresinya emang enak banget, motor terasa stabil dengan luapan tenaga yang menurut -BackStagE- tergolong besar (note: motor -BackStagE- sebelumnya Mega Pro lansiran 2007).
But pake Ninja juga ada ga enaknya. Pas pulang dari Subang, masuk daerah Lembang menuju Bandung, di daerah Setiabudi macetnya minta ampun, di sini lah penyiksaan di mulai. Mungkin memang ini motor sport-fairing pertama -BackStagE-, so belum terlalu terbiasa dengan posisi stang yang menunduk (seengganya lebih menunduk di banding Mega Pro) plus juga di kondisi yang waktu itu macetnya amit2, mesin kerasa banget panasnya, plus juga harus menahan bobot motor yang lumayan (note: tinggi -BackStagE- hanya 166-167cm, so kalo posisi motor diem, kaki -BackStagE- agak sedikit jinjit ke tanah). Ga enaknya lagi pake Ninja250R adalah parkir harus milih tempat, -BackStagE- si ogah parkir di tempat yang sempit2 gitu, bukannya pengen di-spesialkan
pake telor, tapi ribet soalnya body-nya tergolong besar dan berat, so kalo parkir harus cari yang lega plus ga sempit2 (well, di beberapa mall di Bandung pun disediakan tempat parkir untuk Ninja250R + moge a.k.a terpisah dari motor lainnya).

Satu waktu pas di rumah pernah penasaran seberapa berat si Ninja250R ini, akhirnya -BackStagE- pengen nyoba ngangkat bagian belakang motor, kalo dulu Mega Pro doang si keangkatlah belakangnya. Berhubung Ninja ga ada grip belakang, so yang dipegang adalah bagian kolong body belakang karena antara ban dan body belakang ada jarak yang lumayan. Pas dicoba ampun2an, ga keangkat sedikit pun. Plus juga berpikir kalo nanti di luaran terpaksa parkir di tempat yang agak sempit dan harus nggeser2 motor, bisa ga ya nggeser. Akhirnya saat itu pun dicoba aja. Bingung mau megang mana, udah nyoba narik dari step belakang, megang body belakang kolongnya, sebenernya bisa nggeser dikiiit, tapi -BackStagE- ga berani melanjutkan, daripada terjadi sesuatu dengan body motor atau tiba2 motor ndubrag, lebih baik jadi egois sedikit di parkiran dengan nggeser motor orang lain aja.
Berapa si bobotnya Ninja250R?
Berdasarkan data Kawasaki Motor Indonesia, berat maximum adalah 169kg (mungkin maxudnya berat isi kali ya). Uedan juga bobotnya, pasalnya kalo dibanding dengan moge asal Itali, Ducati Monster 696, bobot Monster 696 ini adalah 161kg (berat kosong), yah kalo ditambah dengan semua cairan yang diperlukan, katakanlah bedanya 8-10kg, berat isi Monster 696 ini masih sekitar 170kg-an. Memang si Ninja250R notabane-nya motor sport full fairing, bobot mungkin bertambah dari pengaplikasian fairing.
Kalo ngebandingin dengan motor sport full fairing 250cc juga sebenernya di kisaran 160-an kg, ambillan CBR250R dengan bobot 161kg untuk non-abs dan 165kg untuk yang C-ABS, itu baru berat kosongnya. Dan masih ada yang lebih berat dibanding Ninja250R yaitu Hyosung GT250R dengan bobot kering 171kg (wow)..

Mungkin untuk readers yang berencana beli motor 250cc, data2 bobot ini bisa jadi refrensi juga sebelum membeli, plus juga masukan dari -BackStagE- bagi yang mau beli motor 250cc, perhatikan juga kebiasaan dan lingkungan sekitar (lingkungan rumah, tempat kerja, ngantor, sekolah dll dll), mumpuni ga untuk dilewati dan diparkiri sebuah motor 250cc dengan berat -+ di angka 170kg, salah2 udah beli taunya malah bikin repot kan sayang :-p
Note:
- berat kering/kosong: berat kendaraan sebelum diisi cairan2 yang diperlukan seperti oli dsb
- berat isi: berat kendaraan setelah diisi cairan2 yang diperlukan
- Data2 bobot kendaraan di atas diambil dari website resmi masing2 pabrikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar